Wednesday, July 25, 2007

A Country above the Clouds

The road went steadily upward. Sometimes, this route looked like stairs to the sky. A sharp turn made transport trucks roaring and moving very slow like a turtle.The air temperature was getting cooler and bitting the bone. The dense forest was whitening due to the mists. Down there, Padang town was being showered by rainy season of December.Here we felt like staying in a country above the clouds.

Kawasan Taman Hutan Rakyat (THR) Mohammad Hatta adalah salah satu hutan terbaik dan terdekat dengan pusat kota. Bagi penduduk pinggiran kota Padang, taman hutan rakyat ini ibarat tameng tentara Romawi dari kemungkinan banjir atau longsoran dari dinding pegunungan yang sangat curam.

Gunung Talang telah menjadi ajang pendakian para petualang rimba dari berbagai negara. Guide-guide lokal di Solok dan Padang siap melayani pendakian sesuai selera pengunjung.Menurut para petani di sekitar Alahan Panjang,beberpa turis Eropa telah mendirikan villa-villa peristirahatan kecil di bagian lereng gunung dan mereka tinggal di sana selama berbulan-bulan.

Sejenak kita melewati kebun teh milik PTPN VI yang terawat rapi. Perkebunan ini sudah aktif sejak jaman Belanda dan masih menjadi eksportir teh yang produktif hingga sekarang. Hamparannya menutupi bukit-bukit landai dan berbatasan langsung dengan dinding Gunung Talang. Bayangkan, satu panorama hijau yang kemerahan oleh pucuk kayu manis, terbentang luas di bawah naungan gunung. Inilah yang ditemukan setelah menembus lapisan kabut di lereng hutan THR Mohammad Hatta. Inilah negeri di atas awan.

No comments:

Bookmarks

Add to Technorati Favorites